OHV desain mesin
OHV berarti overhead valve - sebuah desain mesin dimana camshaft terinstal di dalam blok mesin dan katup dioperasikan melalui lifters, pushrods dan lengan rocker (OHV mesin yang juga dikenal sebagai mesin "Pushrod").Walaupun sebuah OHV desain agak sedikit lama, sudah berhasil digunakan untuk dekade. Sebuah mesin OHV sangat sederhana, memiliki ukuran lebih kompak dan terbukti tahan lama.
Pada sisi negatifnya, sulit untuk secara tepat mengontrol valve timing di rpm tinggi karena lebih tinggi inertia lebih besar disebabkan oleh jumlah katup kereta komponen (pengangkat-pushrod-rocker arm). Juga, itu sangat sulit untuk menginstal lebih dari 2 katup per silinder, atau menerapkan beberapa teknologi terbaru seperti Variable Valve Timing - sesuatu yang dapat dengan mudah dilakukan di mesin DOHC. |
OHC atau mesin SOHC
OHC pada umumnya berarti overhead cam sementara SOHC berarti overhead cam tunggal.
Dalam mesin SOHC camshaft yang dipasang di kepala silinder dan katup dioperasikan baik oleh rocker lengan atau langsung melalui lifters (seperti pada gambar). Keuntungannya adalah bahwa hampir katup yang dioperasikan secara langsung oleh camshaft, yang membuatnya mudah untuk mencapai tepat waktu di rpm tinggi. Ini juga mungkin untuk memasang tiga atau empat katup per silinder Kerugiannya adalah bahwa sebuah mesin OHC memerlukan waktu sabuk atau rantai dengan komponen terkait, yang lebih kompleks dan lebih mahal desain. |
DOHC atau Twin Cam mesin
4-silinder 16-katup DOHC
|
DOHC berarti overhead cam ganda, atau kadang-kadang itu bisa disebut "Twin Cam". Sebuah setup DOHC digunakan di sebagian besar mobil baru. Karena mungkin untuk menginstal beberapa katup per silinder dan katup intake tempat di sisi berlawanan dari lembah knalpot, mesin DOHC bisa "bernapas" lebih baik, yang berarti bahwa hal itu dapat menghasilkan tenaga kuda lebih dengan volume mesin lebih kecil. Bandingkan: The 3,5-liter V6 DOHC dari mesin 2003 Nissan pathfinder memiliki 240 hp, sama dengan 245 hp dari mesin 5.9-liter V8 OHV tahun 2003 Dodge Durango.
Pro: efisiensi tinggi, mungkin untuk menginstal beberapa katup per silinder dan mengadopsi variabel waktu. Cons: Lebih kompleks dan desain lebih mahal. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar